Pemprov Bersama Lantamal XIV Siap Menjaga Perairan PB

0
98
Danlantamal XIV Sorong,Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol,S.Sos Bersilahturahmi sekaligus memperkenalkan diri kepada Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan di ruang kerja Gubernur, Selasa (04/07/2017)

MANOKWARI,TN- Papua Barat merupakan salah satu daerah yang mempunyai wilayah perairan yang sangat luas sehingga membutuhkan pengamanan yang sangat ekstra dari aparat penegak hukum, baik dari Pangkalan Utama Angkatan Laut (LANTAMAL) XIV Sorong maupun Polisi Perairan Polda Papua Barat.

Hal ini menjadi perhatian serius pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubenur Papua Barat periode 2017-2022, Drs Dominggus Mandacan – Mohammad Lakotani,S.H,M.Si.

Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan melalui keterangan persnya kepada wartawan di Manokwari, Selasa (04/07/2017) mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua Barat mendukung penuh aparat penegak hukum baik TNI-AL maupun Polair dalam program pengamanan laut.

“Berhubungan dengan wilayah kita yang begitu luas dan potensi yang begitu banyak kemudian kita ada pada beberapa daerah perbatasan negara tentangga, karena itu Pak Danlantamal XIV ajak saya keliling lihat langsung terutama daerah-daerah Raja Ampat” kata Gubernur usai silahturahmi dengan Danlantmal XIV Sorong, Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol,S.Sos, Selasa pagi.

Menurut Gubernur Mandacan, masalah pengamanan periaran Papua Barat menjadi salah satu agenda yang dibahas dalam acara silahturahmi dengan Kommandan Lantamal XIV yang baru itu.

Mengingat juga beberapa pulau-pulau terluar di raja ampat menjadi perebutan bukan saja negara tetangga tetapi Provinsi tetangga seperi Pulau Sayang, yang direbut Provinsi Maluku Utara.

Kemudian sering terjadi pencurian ikan di wilayah perairan Papua Barat yang dilakukan nelayan negara tetangga bahkan merusak terumbu karang dengan cara membom ikan.

“Kita mendukung dan memberikan tanggung jawab penuh kepada kepolisian dan TNI untuk mengamankan laut kita yang sangat luas ini” ujarnya.

Sedangkan Danlantamal XIV Sorong, Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol,S.Sos menegaskan, tetap melaksanakan tugas mengamankan laut Papua Barat dengan menggunakan armad serta alusista yang ada.

“Intinya kita mendukung penuh pemerintahan Papua Barat sesuai tugas dan fungsinya mengamankan wilayah perairan dari segala macam gangguan, mungkin penyelundupan dan sebagainnya” tuturnya.(***)

Tinggalkan Komentar