Mandacan : Sektor Perikanan Perlu Mendapat Perhatian

0
39

Manokwari,TN- Calon Gubernur Provinsi Papua Barat periode 2017-2022 nomor urut 1, Drs Dominggus Mandacan mengatakan, sektor Kelautan dan Perikanan sangat perlu untuk mendapat perhatian.

Pasalnya, sebagian besar masyarakat di Papua Barat berprofesi sebagai nelayan, sehingga, baik pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota harus memberikan perhatian khusus terutama sarana dan prasarana penunjang.

Dalam keterangan persnya, Cagub Drs Dominggus Mandacan mengatakan, pada umumnya masyarakat berdomisi di daerah pesisir pantai dan kepulauan sehingga mata pencaharian mereka di bidang kelautan

“Apa yang sudah dimulai oleh Provinsi Papua Barat di bidang Kelautan dan Perikanan, perlu ditingkatkan sejalan dengan peningkatan APBD, supaya kedepan para nelayan dapat diperdayakan sehingga tidak jadi penonton tetapi mengambil bagian juga dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang berhubungan dengan perikanan di Papua Barat” ujar Dominggus Mandacan usai mengikuti tatap muka dengan masyarakat Sulawesi Tenggara di Manokwari pekan lalu.

Mandacan mengungkapkan, meningkatkan taraf hidup masyarakat dibidang kelautan merupakan salah satu program prioritas kandidat Guberner dan Wakil Gubernur Papua Barat periode 2017-2022 nomor urut 1, Drs Dominggus Mandacan-Mohammad Lakotani,S.H,M.Si (DoaMu)

Sehingga masyarakat yang berada di daerah pesisir dan kepulauan dapat tersentuh oleh pembangunan terutama dibidang Kelautan melalui program ini.

Menurutnya, program ini akan berjalan secara bertahap ketika pasangan Drs Dominggus Mandacan – Mohammad Lakotani terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat melalui pesta Demokrasi serentak 15 February 2017 mendatang.

Calon Gubernur Papua Barat yang berpasangan dengan Calon Wakil Gubernur, Mohammad Lakotani,S.H,M.Si ini menjelaskan, salah satu program pemerintah yang akan meringkan para nelayan yaitu, diberikan kredit lunak agar dapat membantu mereka.

“Itu merupakan program pemerintah dari pusat hingga Kabupaten/Kota sehingga perlu saling sinergi, tentunya memerlukan data yang valid tentang nelayan sehingga ketikan diprogramkan, tepat sasaran dengan demikian maka dapat dirasakan masyarakat nelayan tersebut” tuturnya.

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat nomor urut 1 ini berencana akan berusaha untuk hasil tangkapan nelayan di Provinsi ini tidak sebatas konsumsi lokal tetapi juga dapat diekspor ke luar negeri.

“Karena kalau lokal saja sangat terbatas, sehingga hasil tangkapan para nelayan di Papua Barat terakomodir” tambahnya.(*)

Tinggalkan Komentar