Minyak Tumpah, Laut Sekitar Terminal BBM Sorong Terbakar

0
764

Sorong TN – Tim gabungan PT. Pertamina Sorong dan instansi teknis terkait, berhasil mengatasi kebakaran dan tumpahan minyak yang terjadi di laut sekitar  dermaga Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Sorong, Senin (17/07) pagi.

Kebakaran tersebut di akibatkan oleh tumpahnya minyak di sekitar laut dermaga terminal BBM Sorong. Api sempat membesar , sejumlah petugas melakukan pemadaman api tersebut .Sedangkan untuk tumpahan minyak disiapkan oil boom dan  akhirnya lokasi perairan pun dapat dikendalikan.

Demikian skenario saat simulasi keadaan darurat yang di lakukan oleh PT Pertamina Persero  Sorong

General Manager MOR VIII PT.Pertamina Persero Made Adi Putra mengatakan , simulasi ini digelar dengan tujuan untuk mengukur kecepatan kinerja Tim  dalam menghadapi situasi darurat. Sehingga antisipasi dapat dilakukan dengan cepat.

“Ini komitmen Pertamina di lingkungan kerjanya dan bagaimana kita melatih dan menyiapkan personil pertamina saat terjadi kejadian tumpahan minyak dan kebakaran,jadi sudah tidak menunggu lagi kalau terjadi hal-hal seperti ini,” Kata Made.

Adapun tanggapan dari Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan ( KSOP ) Sorong ,  Capt. Jhony Runggu S,. MH. mengatakan sangat mengapresiasi kinerja PT. Pertamina Sorong dalam hal melakukan pencegahan tumpahan minyak maupun kebakaran di sekitar perairan laut Sorong.

“Sebagaimana yang kita ketahui sorong sudah membuka diri untuk wisata sehingga kebersihan laut harus kita jaga demi kenyamanan wisatawan. Kita sangat peduli dengan perairan laut sorong khususnya masyarakat adat Papua, karena mereka sangat peduli dengan terumbu karangnya,”Ujar Jhony.

Untuk itu Jhony menghimbau kepada seluruh masyarakat agar bersama – sama menjaga lingkungan laut dari sampah  plastikmaupun sampah lainnya yang dapat merusak ekosistem laut. (*)

 

Tinggalkan Komentar