Gubernur dan Wagub Papua Barat Dilantik Jumat Sore

0
349

MANOKWARI,TN – Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat terpilih periode 2017-2022, Drs Dominggus Mandacan – Mohammad Lakotani,S.H,M.Si (DoaMu) dipastikan dilantik oleh Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo di Istana Negara, Jumat (12/05/2017) Sore.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo,S.H dalam keterangan persnya kepada wartawan di Jakarta, selasa (09/05/2017) seperti dirilis media indonesia menyampaikan jadwal pelantikan kepala daerah terpilih dan wakilnya hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2017 akan berlangsung beberapa tahap.
Sebagian besar diagendakan pada 12 Mei mendatang, sedangkan sisanya menunggu masa habis jabatan kepala daerah tersebut. Seperti halnya Aceh dijadwalkan pada Juni dan DKI Jakarta di bulan Oktober.
“Sedangkan hari jumat (12/05/2017) pukul 15.30 WIB kepala daerah dan wakilnya yang dilantik yaitu, Banten, Gorontalo, Sulbar, Bangka Belirung, Papua Barat, plus Wagub Riau yang kosong,” kata Tjahjo di kantor Kemendagri usai jumpa pers terkait putusan hukum Gubernur DKI Jakarta, Selasa (9/5).
Sedangkan untuk pelantikan kepala daerah tingkat II yakni bupati/walikota, menurut dia awalnya akan digelar pada waktu yang sama. Namun ada juga yang mundur di 22 Mei. Pertimbangannya menunggu habis masa jabatan.
“Sama, tapi mundur 22 mei. Jadi serentak gitu. Tahap pertama untuk yang jabatannya selesai,” tambah dia.
Sementara Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Papua Barat, DR Hj Baesara Wael,S.Sos,M.H saat dikonfirmasi media ini, Rabu (10/05/2017) membenarkan agenda pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat di istana tanggal 12 Mei 2017 itu.
Namun Pemprov Papua Barat belum menerima Radiogram pemberitahuan pelantikan Drs Dominggus Mandacan – Mohammad Lakotani,S.H,M.Si sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat oleh Presiden.
“Iya, kami sudah dapat informasi itu tetapi belum ada radiogram dari Mendagri kepada kami” tulis Karo Pemerintahan Pemprov Papua Barat, Baesara Wael melalui pesan singkat Short Message Servis (SMS) kepada wartawan Teropong News, Rabu (12/05/2017)
Namun, pihaknya tetap siap 100 persen untuk menyambut kepala daerah Papua Barat yang baru, membawa perubahan yang baru bagi Provinsi ini.
Seperti diketahui bersama, Pilkada Serentak 2017 berlangsung pada Februari lalu. Sebanyak 101 daerah yang menggelar pesta demokrasi tersebut, di antaranya 7 provinsi, 18 kota dan 76 kabupaten di seluruh Indonesia.(***)

Tinggalkan Komentar