BWS Tinjau Penyebab Pendangkalan Sungai Remu

0
62

“aktivitas galian C bisa jadi faktor pendangkalan sungai dan banjir”

Sorong, Teropong News- Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua Barat melakukan pengecekan dilbeberapa titik yang diduga penyebab dangkalnya sungai Remu di kota Sorong. Beberapa titik yang dicek langsung diantaranya lokasi penambangan pasir dan galian C di daerah perbukitan pinggiran kota Sorong.

Kepala BWS Papua Barat, Elroy Koyari,SE,MT yang didampingi beberapa PPK ( Pejabat Pembuat Komitmen) yang dijumpai dilapangan, menyayangkan kondisi lingkungan yang rusak akibat aktivitas galian C. Menurutnya, dampak yang paling berbahaya dari aktivitas gslian C adalah bsnjir dan pendangkalan saluran air dan sungai.

“ Penanganan kerusakan disekitar Daerah Aliran Sungai ( DAS ) dan titik – titik lokasi banjir bukan hanya masalah teknis. Namun yang paling utama adalah masalah sosialnya “, tegas Elroy. Menurut Elroy, kesadaran masyarakt yang dibarengi dengan keseriusan Pemerintah daerah untuk peduli dan menjaga DAS adalah mutlak hal yang paling penting.

Ditambahkan, yang perlu dilakukan untuk mengembalikan kondisi sungai Remu seperti semula adalah membangkitkan kesadaran semua pihak betapa pentingnya menjaga lingkungan disekitar sungai. Karena penanganan teknis hanya bersifat jangka pendek saja, sehingga peran semua pihak sangatlsb penting. 

BWS juga menyoroti aktivitas galian C di kota Sorong. Disebutkan salah satu faktor terjadi pendangkalan sungai remu adalah akibat aktivitas galuan C yang tidak ramah lingkungan. Selain itu, dampak galian C juga diduga menjadi faktor utama bertambahnya titik banjir di kota Sorong. Untuk itu melalui seminar tanggal 20 mendarang. BWS akan mengusung isu ini agar nendapat perhatian semua pihak.(*)

 

Tinggalkan Komentar