Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

​Pesta Rakyat Warnai Pembukaan Sidang Sinode GKI XVII Raja Ampat

0 0

Waisai TN.Com –  Kemeriahan menyambut pembukaan Sidang Sinode GKI XVII di Raja Ampat berlangsung sangat seru dan menarik. Dari carnaval bazar dan makan bersama, inilah pesta rakyat.

Setelah penyerahan obor di pagi hari, acara pembukaan sidang dilanjutkan dengan ibadah singkat. Setelah ibadah, keseruan pesta rakyat dimulai.

Di sini anak-anak Papua memberikan pertunjukan teatrikal tentang penyebaran injil ke Raja Ampat pertama kali. Walaupun temanya rohani, pemain teatrikalnya tak hanya yang beragama Kristen.

Warga dari agama Islam, Katolik dan Hindu pun ikut berpartisipasi. Lewat kegiatan ini terlihat jelas, bahwa kemajemukan adalah hal yang indah. Sesuai dengan Bhinneka Tunggal .

Bukan cuma teatrikal, pertunjukkan tari dan nyanyian dengan baju adat pun terus-terusan menghibur masyarakat. Masyarakat tak henti-hentinya mengambil foto para penari dan juga mengajak foto bersama.

Di bagian belakang ada bazar dari berbagai gereja-gereja kabupaten (klasi) yang memeriahkan acara. Bazaar berisi kerajinan tangan dari berbagai kabupaten.

Bukan hanya kerajinan tangan, makanan khas dari berbagai daerah di Papua juga ada. Makanannya dijamin halal!

Aneka oleh-oleh dijual dalam acara bazar (Bonauli/detikTravel)

Saat siang tiba, acara diistirahatkan sebentar untuk makan siang. Masyarakat diajak untuk makan bersama-sama di sebuah tenda besar.
Makanan yang disajikan bukan makanan biasa. Banyak makanan khas yang hanya ada di acara-acara tertentu. Seperti pisang rebus dengan kuah santan, ubi rebus, petatas rebus dan ikan bakar. 

Untuk acara bazar akan berlanjut sampai sidang selesai, yaitu Jumat pekan depan (17/3/2017). Buat traveler yang ada di Raja Ampat, bisa datang  untuk berburu oleh oleh.(*)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Komentar