Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

​DPR-PB Dukung Ungkap Penggunaan Dana Pilkada 

0 0

Manokwari,TN.Com – Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Papua Barat mendukung sepenuhnya pengungkapan penggunaan anggara pemilihan kepada daerah Papua Barat dalam pilkada serentak 15 September 2017 lalu.

Ketua fraksi Otonomi Khusus DPR Papua Barat, Yan Anthon Yoteni,Amd,Pd, S.Sos kepada wartawan di Manokwari, belum lama ini menyatakan dukungan penuh kepada kejaksaan negeri Manokwari untuk mengungkap dugaan korupsi di tubuh lembaga penyelenggara pemilu ini.

“Kami mendukung upaya hukum yang dilakukan kejaksaan negeri Manokwari untuk mengungkap penggunaan anggaran pilkada Rp 506 milyar yang dikelolah KPU Papua Barat, karena rakyat bertanya” tegas Yoteni.

Yoteni menjelaskan, DPR Papua Barat menetapkan dana pilkada senilai Rp 506 milyar untuk membiayai delapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, berdasarkan estimasi awal.

Pada saat tahapan pendaftaran hingga  pencoblosan hanya tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur sehingga seharusnya dana yang digunakan hanya 50 % dari Rp 506 milyar itu.

“Ya berarti kasarnya dana yang terpakai untuk pembiayaan pilkada 3 paslon hanya 50 persen, yang sisanya harus dikembalikan ke negara, kalau sukses pilkada sukses juga pertanggung jawaban keuangan dong” tandas Yoteni.

Dia menilai pernyataan ketua KPU Papua Barat, Amus Atkana yang berjanji akan mengembalikan sisa dana Rp 100 milyar sangat tidak diterima dengan akal sehat karena situasi pilkada berjalan aman, tertib dan kondusif.

Menurutnya, dana yang telah dicairkan BKAD Pemprov Papua Barat kepada KPU untuk pembiayaan pilkada sebesar Rp 300 milyar. Dana ini sudah melebihi dari estimasi yang ditentukan.

Panja pilkada juga harus memainkan perannya sebagai lembaga pengawasan uang rakyat agar tidak terjadi kerugian negara akibat pengelolaan dana pilkada ini.(ars) 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: