Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

​2018, Wartawan Harus Bersertifikasi 

0 0

Sorong TN – Ketua Dewan Pers, Yoseph Adi Prasetyo mengatakan hingga kahir tahun 2018 wartawan harus tersertifikasi.  Hal ini diungkapkan karena maraknya  berita bohong atau hoax yang tengah menjadi perhatian serius pemerintah.

Untuk menghindari media abal-abal dan hoaxkami mengimbau agar semua pelaku media mengikuti uji kompetensiwartawan (UKW). Bergabung saja dAliansi Jurnalis Indonesia (AJI),Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) maupun Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI)agar bisa mengikuti UKW nantinya ,”ujar Ketua Dewan Pers, saat diwawancarai media ini di Swiss-bel Hotel Sorong.

Menurutnya, uji kompetensi wartawan diperlukan karena Dewan Pers mendapat sejumlah laporan adanya wartawan yang dinilai tidak memiliki pengetahuan di bidang jurnalistik. Sebab, sebagai profesi, dunia jurnalistik juga memiliki aturan dan kode etik.

“Sertifikasi ini penting agar kualitas dan profesi wartawan dapat dipertanggungjawabkan. Jika wartawan tidak punya sertifikasi, maka narasumber bisa menolak untuk di konfirmasi menyangut pemberitaan,”terangnya.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Komentar