Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Satker PJN Wilayah Sorong Akan Gelar Sertifikasi Jasa Kontruksi

0 167

Sorong, TN – Untuk mempercepat peningkatan tenaga terampil dibidang jasa kontruksi, Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional ( Satker PJN) II Wilayah Sorong, Papua Barat akan melaksanakan sertifikasi tenaga teknis jasa kontruksi. Demikian disampaikan Kepala Satker PJN II Wilayah Sorong, Sukarman di Ruang Kerjanya Sore ini, Jumat (11/5).

Menurut Sukarman, pelaksanaan sertifikasi adalah amanat undang-undang jasa kontruksi dan wajib dipatuhi oleh semua tenaga teknisi yang dipekerjakan kontraktor.

” Sertifikasi harus dilaksanakan, karena ini pesan presiden untuk mempercepat peningkatan tenaga terampil. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dengan tenaga kerja asing. ” paparnya.

Dijelaskannya, untuk Satker Wilayah Sorong sendiri sudah terdata sekitar 50 an orang tenaga teknis yang akan mengikuti sertifikasi tenaga terampil jasa kontruksi.

“Rencana akan dibuka pelaksanaanya pada hari Senin di Swiisbelt Hotel Sorong. Untuk Wilayah Satker Sorong ada sekitar 50 an orang, belum ditambah dari wilayah Satker Maybrat,” Kata Sukarman.

Pelaksanaan sertifikasi tenaga teknis yang akan digelar Senin 15 Mei 2018 ini, berkat kerjasama antara Satker PJN dan Balai Jasa Kontruksi di Jayapura.

” pentingya dilakukan uji kompetensi tenaga jasa kontruksi untuk memperoleh sertifikat tenaga tetampil. Sehingga kami harus mempecepat pelaksanaannya. Mulai dari tenaga tukang, operator, pengawas lapangan atau mandor wajib ikut sertifikasi,” terang Sukarman.

Undang-undang yang mengatur tentang jasa kontrusi adalah UU No. 18 Tahun 1999 Yang telah digantikan dengan UU No.2 Tahun 2017 tentang Jasa Kontruksi. Selain itu juga ada Keppres dan SK Menteri tentang pengadaan Jasa Kontruksi.

Sebagai sebagai seorang ahli yang resmi, perlu memeliki sertifikat keahlian tersebut. (*)