Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Miris, Barang Kadaluarsa Dijual ke Toko-Toko Kecil

0 309

Sorong,TN – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Papua Barat menemukan sejumlah makanan kadaluarsa saat melakukan Inspeksi mendadak (sidak) di beberapa agen/distributor penjualan, Rabu (09/05).

Saat petugas melakukan Sidak di salah satu agen distributor yaitu CV. Sentosa Abadi, petugas menemukan beberapa biskuit merk Kokola yang sudah kadaluarsa dan sebagian sudah mendekati Kadaluarsa.

Paranya lagi, terdapat instruksi yang di tulis disebuah kertas yang ditempelkan di kardus biscuit tersebut. Instruksinya berbunyi “Anwar dan Ijal, Perhatikan Exp Date kasih yang Exp bulan 7 ke toko kecil”.

“Terlihat sekali ada instruksi khusudari pimpinan atau manajemennya untuk menghabiskan produk yang kadaluarsa, dengan cara menyalurkannya ke toko-toko kecil dengan harga yang murah,”kata Tim Disperindag Papua Barat, Adrian Matakupan kepada media ini.

Menurutnya, Hal itu tentu sudah melanggar peraturan, dimana produk yangs udah mendekati kadaluarsa sudah seharusnya ditarik peredarannya.

Sementara itu, Manager CV. Sentosa Abadi mengaku tidak tahu-menahu produknya sudah mendekati Kadaluarsa dan berdalih bahwa dua karyawannya yang merupakan karyawan baru tidak begitu paham tentang penjualan.

Untuk Tindak lanjut dari temuan tersebut, Disperindag akan akan memanggil pimpinan CV. Sentosa Abadi untuk dimintai keterangan, sementara barang bukti disegel ditempat untuk ditindaklanjuti.

“Selain itu kita berikan teguran keras kepada Manager CV.Sentosa Abadi agar tidak terulang lagi menjual barang-barang yang sudah kadaluarsa maupun mendekati masa kadaluarsa,” pungkasnya.(Meg)