Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Mama Papua Minta Pemda Benahi Drainase Pasar

0 0

 

Kaimana TN – Mama mama pedagang yang ada di pasar Krooy Kaimana, meminta kepada Pemerintah Daerah melalui instansi teknis terkait, untuk membenahi saluran parit atau drainase, diseputar areal pasar. Pasalnya, ketika hujan, sebagian got tersumbat atau tidak berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan beberapa areal pasar tergenang air.

Mama Eni, salah seorang pedagang dipasar sayur Krooy Kaimana, mengungkapkan, tidak hanya terendam saja saat hari hujan, tetapi juga menimbulkan bau busuk disekitar areal pasar. “Got sudah tidak bisa lagi berfungsi. Kalau pas hujan, didepan ini pasti tergenang. Belum lagi menimbulkan bau. Sehingga kita sangat setengah mati,” ungkapnya.

Sementara itu, sesuai dengan pantauan kami dilapangan, sebagian besar areal pasar ini, drainasenya belum maksimal. Memang ada drainasenya, tetapi sistem penyalurannya tidak representatif.

“Walaupun pasar tetapi kami harap supaya kebersihannya terjamin. Kami sudah diminta oleh dinas terkait, supaya selalu mebersihkan pasar ketika sudah selesai menjual. Kami sudah lakukan itu. Tapi yang jadi kendala, ketika hujan. Oleh karena itu, kami minta kepada dinas terkait, bisa melihat kondisi kami ini ka. Sehingga masyarakat ketika datang mau membeli juga mereka nyaman. Jangan sampai ketika hujan, mereka tidak mau datang beli disini,” tuturnya.

Sementara itu, PLT Sekretaris Disperindagkop, Abdul Hamid Sirfefa mengungkapkan, pihaknya sudah mendengarkan laporan dari mama-mama pasar ini. “Kami sudah dengar laporan dari mereka. Ini menjadi perhatian kita kedepannya. Mungkin ini juga nanti akan masuk, saat pembasan tentang pengembangan pasar Krooy. Sehingga kalau kita mau benahi drainase, maka harus dilakukan sesuai dengan market plan yang sudah ada,” ungkapnya.

Terkait redaman bnjir dipasar ketika hujan, lanjut Hamid, pihaknya akan mengkonsultasikan hal ini dengan dinas terkait lainnya. “Kalau soal drainase ini kan berkaitan dengan kebersihan, sampah dan sebagainya. Selama ini melekat di PU. Kita akan koordinasikan itu. Sehingga kalaupun dibenahi, akan dibenahi secara keseluruhan. Karena saat ini kan pengembangan pasar sedang kita lakukan. Oleh karena itu, kami harap mama-mama pasar ini bisa bersabar sedikit. Untuk atasi persoalan itu, kita akan turun dalam waktu dekat ini,” pungkasnya.(Rsw/jon)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: