Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kemendag Jaring Informasi Progres Tol Laut di Merauke

0 112

Merauke, TN – Kementrian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) jaring informasi perkembangan, manfaat dan kendala yang berkaitan dengan tol laut di Merauke Papua, guna mengoptimalkan pelaksanaan gerai maritim.

Setiap masukan yang disampikan, kemudian akan ditindaklanjuti ke Kementrian Perdagangan dan ke Kementrian Perhubungan agar progres tol laut ke depannya jauh lebih baik.

“Tol laut di Merauke sudah berjalan baik, ada beberapa masukan yang sudah kami tampung dan akan kami lanjutkan ke Kementrian Perdagangan dan Kemenhub,” ujar Statitisi Ahli Pertama Direktorat Sarana Distribusi dan Logistik Kementerian Perdagangan Etika Suryandari di Ruang Rapat KSOP Merauke, Jumat (14/09).

Komoditi jenis buah-buahan tidak termasuk daftar barang yang masuk dalam angkutan kapal tol laut.

Sedangkan di Merauke sangat dibutuhkan dilihat dari cukup tingginya permintaan konsumen, sehingga dalam rapat tersebut, dianjurkan agar kemendag memasukan dalam daftar program tol laut.

Selain itu, dalam SOP aturan muatan balik hanya lima box, sementara untuk barang muatan balik cukup banyak, sehingga dianjurkan perlu ada penambahan menjadi 20 box/kontainer.

“Harapan kami kedepan tol laut ini lebih baik lebih banyak distributor yang memakai tol laut. Sebab sejauh ini belum banyak, supaya harga barang di Merauke bisa lebih menurun,” tambah Budianto.

Sejauh ini menurutnya, progres tol laut terutama masuk 2018 sangat bagus dibandingkan dua tahun sebelumnya. Terpantau koordinasi, komunikasi, harga barang dan ketersediaan barang sangat baik.(*)