Bisnis

Agar Mudik Tenang dan Nyaman, Ini Tips Aman dari PLN

×

Agar Mudik Tenang dan Nyaman, Ini Tips Aman dari PLN

Sebarkan artikel ini
Suasana kebersamaan PLN Unit Distribusi Jakarta bersama teman-teman media dalam acara_Press briefing_ kesiapan listrik jelang Idul Fitri dan buka bersama media (3/4/2024).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Momen mudik Lebaran merupakan waktu yang dinanti-nantikan untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Namun, sebelum mudik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rumah aman dan nyaman selama ditinggalkan.

1506
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta, Lasiran membagikan beberapa tips mudik Lebaran agar mudik Anda tenang dan nyaman.

“Pertama, sebelum mudik pastikan bayar tagihan listrik dulu, supaya mudik lebih tenang. Untuk pelanggan yang pakai prabayar, jangan lupa isi token. Jadi meskipun rumah ditinggal, penerangan untuk lampu masih tetap menyala. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan,” ungkap Lasiran saat Buka Bersama Media di Jakarta, Rabu (3/4/2024). 

Kedua, cabut semua peralatan listrik yang tidak digunakan. Peralatan elektronik yang dicolokkan masih berpotensi mengalami kerusakan terutama saat ada sambaran petir ke rumah dan kondisi grounding instalasi rumah tidak bagus. Nyalakan peralatan listrik yang digunakan saja seperti lampu teras.

Ketiga, pastikan listrik yang tersambung adalah listrik resmi dan menggunakan kWh meter sesuai daya langganan serta peruntukan.

“Selanjutnya, Anda juga bisa menitipkan rumah kepada satpam ataupun tetangga yang dikenal dekat. Sehingga jika terjadi kondisi bencana bisa dimitigasi dan tidak meluas,” tambah Lasiran.

Terakhir gunakan PLN Mobile untuk berbagai kebutuhan kelistrikan, mulai dari bayar tagihan, beli token, lapor pengaduan atau pengaduan sekalipun bisa dilakukan meskipun dari kampung halaman.

Lasiran menambahkan, PLN UID Jakarta Raya telah menyiapkan 1.684 personil dan peralatan yang siaga 24 jam tersebar di 17 posko siaga kelistrikan Idul Fitri melayani kebutuhan masyarakat selama mudik Lebaran.

“Jika terjadi gangguan listrik, masyarakat bisa langsung lapor di PLN Mobile, petugas kami akan segera datang dan menyelesaikan berbagai keluhan pelanggan,” tutup Lasiran.