Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

80 Persen Penduduk Indonesia Telah Tercover Program JKN-KIS

0 114

Biak, TN- Saat ini program JKN-KIS telah menjadi program Jaminan Kesehatan terbesar di dunia, jika melihat jumlah kepesertaannya yang telah melampaui 198,8 juta dan telah dilaksanakan melalui pendekatan Single Payer Institution.

Demikian disampaikan Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Papua-Papua Barat, Dr. Anurman Huda, saat menjadi Eksekutif Frontliner di kantor BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, selasa (03/07).

Menurutnya, jumlah tersebut dipastikan akan terus bertambah hingga tercapai cita-cita Universal Health Coverage (UHC) alias Cakupan Kesehatan Semesta, sehingga nantinya seluruh penduduk Indonesia akan terlindungi oleh jaminan kesehatan JKN-KIS yang berkualitas dan berkesinambungan.

“Jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang menerapkan sistem jaminan sosial, pertumbuhan peserta program jaminan kesehatan di Indonesia terbilang amat pesat. Jika hanya dalam waktu 4 tahun, program JKN-KIS telah meng-cover hampir 80% dari total penduduk Indonesia,” jelasnya.

Dalam memberikan pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan 22.247 FKTP yang terdiri atas 9.881 Puskesmas, 5.023 Dokter Praktik Perorangan, 5.473 Klinik Non Rawat Inap, 643 Klinik Rawat Inap, 20 RS Kelas D Pratama, serta 1.207 Dokter Gigi.

Sementara itu di tingkat FKTRL, BPJS Kesehatan telah bermitra dengan 2.397 RS dan Klinik Utama, 1.607 Apotik, dan 1.079 Optik. (des)