Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

​Pemda R4 Akan Tertibkan Koperasi Ilegal 

0 0

Waisai TN.Com- Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, dalam waktu dekat akan tertibkan koperasi simpan pinjam yang beroperasi tanpa memiliki ijin resmi atau ilegal. Hal ini disampaikan oleh, Pejabat pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Raja Ampat, Ria Sitti Nurlia Umlati, S.sos kepada Wartawan, baru-baru ini.
“Kami akan turunkan tim untuk melihat koperasi atau usaha simpan pinjam yang beroperasi di Raja Ampat. Mereka akan mendata mana koperasi yang miliki ijin resmi dan mana yang tidak. Karena sampai saat ini, masih cukup banyak koperasi simpan pinjam maupun sebuah koperasi industri  perikanan yang belum terdaftar di dinas koperasi dan UKM wilayah Kabupaten Raja Ampat”, jelas Ria Umlati.
Lanjut Ria, koperasi simpan pinjam milik perorangan yang melakukan aktifitas pinjam uang dengan suku bunga tinggi, tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Seperti memberikan pinjaman uang kepada masyarakat sebesar 1 juta rupiah. Lalu harus dikembalikan sebesar 1,2 juta rupiah. Aktivitas ini tidak sesuai ketentuan atau Ilegal, harus ditindak tegas”, ungkapnya.
Tahun ini dinas koperasi dan UKM sudah berdiri sendiri tanpa gabung di dinas perindagkop. Maka pengawasan maupun program peningkatan kapasitas koperasi lebih mudah. “Kami juga memiliki  satu bidang yaitu pengawasan terhadap koperasi serta pendampingan. Dan dalam waktu dekat, tenaga pegawai akan mendapatkan pelatihan langsung dari provinsi dan lembaga-lembaga terkait Sehingga mereka memahami tupoksi masing-masing.”, tutupnya ( adt)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: