​Pelabuhan Rakyat Kota Sorong Perlu Dikembangkan

0
52

Sorong, TN- Kapasitas Pelabuhan Rakyat Kota Sorong, Papua Barat dinilai sudah tak mampu menampung armada kapal yang melayani lima kabupaten satu kota di wilayah Sorong Raya saat ini.

Pelabuhan yang menjadi akses pariwisata internasional serta transportasi laut itu,  kapasitasnya sudah tidak mampu lagi menampung jumlah armada kapal dan jumlah penumpang yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini.

Ditemui media ini, Kepala Dinas Perhubungan kota Sorong Kinau Umar,SH,MH melalui Kepala Bidan Perairan, Yulce Kareth,SH , Senin (17/17) saat berkunjung ke pelabuhan Rakyat kota Sorong mengatakan, pengelolaan pelabuhan masih  belum teratur. 

” Kapal berderet seperti ini, itu sangat membahayakan penumpang. Apalagi kalau ada angin ombak,” ujarnya.

Menurutnya, perlu adanya perhatian pemerintah kota Sorong untuk membagun pelabuhan tersebut,  berdasarkan usulan dari dinas Perhubungan perlu penambahan 20 Meter persegi untuk mengatasi  parkiran kapal diareal dermaga di Pelabuhan Rakyat.

Selain itu juga, kata Yulce karet,ada beberapa kekurangan fasilitas pengunjang seperti,terminal penumpang, parkiran kendaran dan pembagunan jalan utama untuk keluar masuknya kendaraan. 

Perlu juga adanya pembagunan tempat jualan yang layak, bagi penjual asongan dipelabuhan agar mereka bisa berjualan apa saja, guna menjawab kebutuhan para penumpang dan  dari penjualan itu juga akan ditarik retribusi kepada pemerintah kota Sorong.

Pelabuhan kota Sorong perlu ada perhatian pemerintah kota Sorong dikarenakan penerimaan Asli Daerah (PAD) yang sangat besar bagi pemerintah. (*)

Tinggalkan Komentar