Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Christian Thebu, Kembali Pimpin DAS Suku Maya Raja Ampat

0 48

Waisai, TN- Musyawarah Besar (Mubes) Dewan Adat Suku (DAS) Maya Raja Ampat, yang berlangsung selama 2 hari di Waisai Ibukota Raja Ampat, kembali menetapkan Chritian Thebu, sebagai Ketua Dewan Adat Suku Maya terpilih.

Christian Thebu terpilih untuk kedua kalinya memimpin 12 sub suku yang ada di kabupaten Raja Ampat untuk periode yang kedua. Yang bersangkutan adalah ketua DAS Maya periode sebelumnya, yang kembali terpilih secara aklamasi.

“Proses pemilihan memakai mekanis e dewan adat papua, dan kriteria utama mama papa Papua, dan pernah memimpin sebuah lembaga adat dan prosesnya dibahas ditingkat sub suku,” ujar ketua DAS Maya terpilih, Christian Thebu, Minggu (10/2).

Menurutnya, untuk menentukan seorang pemimpin kepala suku, harus dilakukn senat adat dari semua sub suku yang ada dalam rumah besar suku maya dan merekomendasikan figur dari masing-masing sub suku.

“Dari 12 suku yabg ada, duduk diatas tikar senat itu, maka semua suku masih mempercayakan saya untuk memimpin Dewan Adat Suku besar maya kembali. Atas kepercayaan ini, makan saya bertanggungjawab untuk melksanakan amanat ini dengan baik,” jelasnya.

Dikatakan, alasan kedua belas sub suku dalam rumah besar suku maya memilihnya untuk kedua kali, karena menurut mereka yang bersangkutan telah memahami konsep-konsep adat suku maya sejak awal.

Christ Thebu berkomitmen kedepan Ia akan tetap memperjuangkan hak-hak adat seperti dana otsus yang diperuntukan untuk masyarakat adat serta menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah.(*)