Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Caleg Otsus Wajib Mendapat Rekomendasi Dari Kepala Suku

0 22

Sausapor, TN – Staf Badan Kesbangpol Papua Barat, H. Sutomo, menjelaskan bahwa calon legislatif (caleg) melalui jalur otonomi khusus harus mendapat rekomendasi dari pemilik hak ulayat dari masing-masing sukunya.

“Jadi syarat utama untuk bisa mendaftar (caleg) lewat jalur otsus, yah harus rekomendasi dari masyarakat dan pemilik hak ulayat,” ujarny

Hadir sebagai pemateri mengutarakan proses rekruitmen caleg jalur otsus ini harus betul-betul berasal dari masyarakat asli tanpa campur tangan dari pihak partai politik, atau organisasi lain.

Sementara itu, Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Badan Kebangpol Papua Barat, Yunus Wuraith, mengatakan sosialisasi tersebut sangatlah penting, melihat banyaknya tokoh-tokoh adat yang memiliki peluang untuk mencalonkan diri justru malah sudah terikat dengan instansi pemerintah.

“Jalur otsus ini tidak boleh diikuti oleh siapapun yang mendapat penghasilan dari negara, entah itu pegawai, kepala distrik bahkan kepala kampung sekalipun,” jelas Yunus.

Ia juga menghimbau agar proses pencalonan lewat jalur otsus ini tidak dianggap sebagai wadah layaknya tempat mencari kerja.

Sehingga siapapun yang ingin mecalonkan diri harus betul-betul membawa misi untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat asli Papua khususnya di kabupaten Tambrauw.(*)