Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

BPH Migas dan Polri Komitmen Awasi Pendistribusian BBM

0 52

Sorong, TN- Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menggelar kegiatan Sinergitas instansi dalam rangka Pengawasan bersama penyediaan dan pendistribusian BBM untuk menunjang Pembangunan Nasional.

Kegiatan tersebut, merupakan komitmen bersama dalam sinergisitas, optimalisasi dan implementasi MoU antara BPH Migas dan Kepolisian Negara Republik Indonesia baik di tingkat pusat maupun daerah, bertempat di Vega Hotel Sorong Papua Barat, Kamis (06/12).

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) siap mendukung Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dalam mengawasi penyediaan dan pendistribusian BBM ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan ke daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Hal ini sebagai tindak lanjut atas Penandatanganan Nota Kesepahaman BPH Migas dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 02/MoU/KA/BPH/2018 dan Nomor: B/58/IX/2018 tanggal 17 September 2018 terkait Pengamanan dan Penegakan Hukum dalam rangka Pengawasan dan Pendistribusian BBM dan Kegiatan Usaha Pengangkutan Gas Bumi melalui pipa.

Komite BPH Migas, Sumihar Pandjaitan. Foto/wim.

BPH Migas mengadakan Workshop bertajuk “Sinergisitas Instansi dalam Rangka Pengawasan Penyediaan dan Pendiatribusian BBM untuk Menunjang Pembangunan Nasional”.

Acara dihadiri oleh Anggota Polsek, Polres dan Polda Sorong dan Hiswana Migas serta Badan Intelejen Daerah (Babinda) Provinsi Papua Barat.

Komite BPH Migas, Sumihar Pandjaitan, usai membuka kehiatan tersebut, mengatakan dalam rangka optimalisasi dan implementasi MoU antara BPH Migas dan Kepolisian Negara Republik Indonesia baik di tingkat pusat maupun daerah sebagai landasan hukum pelaksanaan pengawasan bersama.

“Pengawasan bersama ini dilakukan terhadap kegiatan penyediaan dan pendistribusian BBM di seluruh wilayah NKRI untuk menunjang pembangunan nasional dan mewujudkan keadilan energi bagi seluruh rakyat Indonesia,” jelasnya.

Maksud dari Kesepakatan Bersama ini adalah untuk sebagai pedoman dalam pengawasan bersama dan penegakan hukum dalam rangka pengawasan penyediaan dan pendistribusian BBM serta pengangkutan gas bumi melalui pipa, Sehingga sinergitas antara BPH MIGAS dan POLRI dapat terwujud.

Dengan agenda tersebut, digarapkan kedepan kerja sama ini, yang paling penting adalah pertumbuhan ekonomi sampai ke masyarakat setempat, termasuk penyaluran distribusi BBM yang diawasi ketat oleh BPH Migas dan Polri sampai ke daerah 3T.(*)