Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

BKSDA Maluku: Buaya Yang Ditemukan Di Gorong-Gorong Akan Dikembalikan Ke Habitatnya

0 46

Ambon, TN – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku akan mengembalikan seekor buaya yang muncul di gorong-gorong Jalan Yos Sodarso, Rabu (13/2) lalu ke habitatnya.

Menurut Kepala BKSDA Maluku, Mukhtar Amin Ahmad, buaya memang kerap sering muncul lagi di gorong-gorong.

“Memang buaya kecil muncul kembali di gorong-gorong. Tetapi begitu lihat manusia, buaya itu akan lari,” kata Amin kepada wartawan, saat menggelar konfrensi pers di ruang kerjanya, Sabtu (16/2).

Dia mengaku, buaya kecil tidak membahayakan bagi manusia. Untuk itu masyarakat tidak perlu takut dan panik.

“Namun karena selama ini meresahkan masyarakat, maka BKSDA akan tetap mentranslokasikan buaya tersebut ke habibatnya yang aman dari manusia,” tandas dia.

Seekor buaya muncul di gorong-gorong Jalan Yos Sodarso, Rabu (13/2) lalu. Munculnya buaya tersebut sontak mengagetkan warga yang berada di sekitar jalan itu.

Buaya ini pertama kali dilihat oleh Muhammad Sutrean pada pukul 15.30 WIT dengan lebar 2 meter dan tinggi 1 meter lebih.

Saat itu, buaya tersebut hendak memakan daging ayam mentah.
Suatrean sempat memancing buaya tersebut dengan sehelai tali rafia dan sepenggal daging ayam mentah yang masih berdarah.

Buaya itu sempat keluar dari sarangnya, dan memakan habis ayam yang dijadikan umpan.

“Iya, saya sempat foto juga. Tapi di dalam gorong-gorong gelap sehingga tidak terlalu kelihatan,” jelasnya.

Pada pukul 18.35 WIT, buaya ini kembali ke gorong-gorong. Puluhan warga ramai-ramai ingin melihat kemunculan buaya itu, namun tak terlihat. “Barusan buaya itu muncul lagi. Tapi, karena banyak orang datang jadi dia menghilang lagi,” ujar Nasar Suatrean.

Dia mengaku sering melihat buaya di gorong-gorong tersebut, dan di sekitar lokasi pelabuhan Yos Sodarso, Ambon. “Ada sekitar 3 atau ekor yang sering saya lihat,” ungkap dia.(*)

Anda mungkin juga berminat