Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Bekerja 3 Bulan, ‘Relasi’ di Raja Ampat Siap Sukseskan Pemilu 2019

0 40

Waisai, TN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Raja Ampat baru saja mengukuhkan dan menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada 55 Relawan
Demokrasi (Relasi) yang siap sosialisasikan pemilu 2019 di Raja Ampat.

Ketua KPU Raja Ampat, Steven Eibe, S.STP, menyebut para relawan ini akan bekerja hingga April, menjelang pelaksanaan Pemilu 2019.

“Mereka (relawan.red) akan bekerja selama 3 bulan dan diterjunkan ke lapangan bertemu langsung dengan masyarakat,” ujar Steven kepaka awak media di kantor KPU Raja Ampat, Senin, (11/2).

Dikatakan, sebelum dilepas untuk tatap muka dengan masyarakat, 55 relawan demokrasi (relasi) dari 11 basis masyarakat ini diberikan pembekalan.

Sebanyak 3 fokus utama dalam pembekalan tersebut, diantaranya materi tentang pemahaman terkait pemilu, tahapan-tahapan pemilu, dan komunikasi efektif serta pengorganisasian basis.

“Jadi, program Relawan Demokrasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Pemilu 2019 nanti, intinya membuat pemilu 2019 ini harus sukses begitu,” Steven Eibe.

Relawan demokrasi yang dibentuk disetiap KPU ini merupakan program program KPU RI untuk mengsukseskan pemilu 2019, sehingga diharapkan mereka bisa meningkatkan partisipasi masyarakat saat hari H pencoblosan nanti.

Selain itu kata mantan ketua Bawaslu Kabupate Raja Ampat ini, pihaknya juga membayar hak-hak para relawa selama mereka bekerja selama 3 bulan nanti.(*)

Anda mungkin juga berminat