Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Bawaslu Maluku Selidiki Dugaan Guru Sebarkan Kelender Caleg

0 22

Ambon, TN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku sedang melakukan proses penyelidikan adanya dugaan penyebaran kalender tahun 2019 milik calon anggota DPD RI, Mirati Dewaningsih oleh sejumlah guru yang berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

Ketua Bawaslu Kabupaten Maluku Tengah, Rizal Sahupala mengatakan, pihaknya memperoleh informasi dugaan tersebut dari warga setempat, sejak Kamis (3/1).

Pihak-pihak yang dikonfirmasi Panwascam adalah para guru, kepala sekolah dan beberapa masyarakat di Desa Wakal dan Kaitetu.

Hasil investigasi sementara, ungkap Rizal, kalender tersebut dibagikan oleh suami Mirati yang juga mantan bupati Maluku Tengah dua periode, Abdullah Tuasikal saat melintas di Dusun Lula, Desa Wakal dan Dusun Kalauli, Desa Kaitetu, Kamis (3/1) sekitar pukul 16.00 WIT. Kalender tersebut diberikan kepada para siswa SMA kelas 3.

“Itu (dugaan) berdasarkan laporan investigasi dari Panwascam terhadap para guru, kepala sekolah dan masyarakat. Ini juga masih bersifat dugaan,” kata Rizal ketika dihubungi dari Ambon, Minggu (6/1).

Bawaslu belum dapat memastikan pembagiaan kalender tersebut termasuk pelanggaran kampanye atau tidak.

Jika ditemukan bukti kuat, akan dinaikkan statusnya menjadi temuan dan diproses lebih lanjut. “Masih dalam proses. Kita tunggu proses investigasi hingga selesai dan kami akan rapat pleno untuk memutuskan,” katanya.(*)

Anda mungkin juga berminat