Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Akibat Cuaca Buruk, Penyelenggara Pelabuhan Jailolo Berlakukan Sistem Buka Tutup

0 12

Jailolo, TN – Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Jailolo akhirnya memberlakukan sistem buka-tutup bagi arus pelayaran, lantaran cuaca di perairan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara yang buruk, beberapa waktu belakangan ini.

“Acuannya dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Kalau cuaca buruk kita tutup. Sebaliknya, kalau cuaca baik kita buka,” kata Kepala Kantor UPP Kelas III Jailolo, Rahman Soamole di Jailolo, Rabu (15/1).

Menurutnya, diberlakukannya sistem buka tutup pelayaran antar pulau ini, lantaran cuaca di Jailolo sulit diprediksi. Bahkan menyimpang dari laporan BMKG.

Soamole kemudian mencontohkan, seperti perkiraan BMKG beberapa hari lalu, bahwa ketinggian gelombang di perairan Jailolo 0,8-1 meter. Namun ternyata hal tersebut tidak terjadi.

“Makanya, sistem buka tutup pelayaran diberlakukan,” katanya.

Oleh karena itu, Soamole mengimbau kepada para anak buah kapal atau motoris speedboat, agar berhati-hati dan cermat melihat kondisi cuaca. Jika cuaca buruk, sebaiknya batalkan aktivitas pelayarannya.

“Terutama di atas jam 4 sore. Karena itu sudah di luar jam kerja kita, dan otomatis itu sudah di luar kontrol atau pengawasan,” tandas dia.(*)

Anda mungkin juga berminat