Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Akibat Cuaca Buruk, 2 Rute Pelayaran Ditunda ASDP Ternate

0 19

Ternate, TN – Untuk sementara waktu, rute pelayaran Ternate (Maluku Utara) menuju Bitung (Sulawesi Utara), dan Ternate-Batang Dua belum diizinkan berlayar, lantaran cuaca buruk beberapa hari belakangan ini. Rute ini dilayari oleh KMP Bobara.

“Mohon perhatian. Diberitahukan kepada seluruh penumpang tujuan Sofifi, berhubung pertimbangan cuaca, sehingga rencana keberangkatan kapal ferry ditunda. Pelayaran akan dibuka pukul 17.00 WIT, dengan kapal KMP Mutiara Berindo 06. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.”

Imbauan tersebut terdengar jelas sebanyak dua kali dari pengeras suara di ruang tunggu Pelabuhan ASDP Bastiong, Ternate.

“Biasanya jam 15.30 WIT sudah berangkat. Tapi memang pertimbangan cuaca (keberangkatan ditunda-red),” kata Security Pelabuhan ASDP Bastiong Ternate, Sahdi MS, di hadapan calon penumpang, Rabu (30/1).

Penundaan disertai dengan pelarangan pelayaran ini karena sebelumnya, beredar foto dua unit mobil truck terguling di ruang palka Kapal Ferry KMP Portline 8 rute Ternate Maluku Utara-Bitung, Sulawesi Utara. Foto tersebut tersebar di sejumlah lini media sosial.

Menanggapi hal itu, Kepala Operasional ASDP Ternate, Ali Tamher mengatakan, awalnya, sebelum keberangkatan, kondisi cuaca masih bisa diprediksi. “Gelombangnya masih 0 sampai 2,5 meter,” katanya.

Namun dalam perjalanan, atau tepatnya memasuki perairan Pulau Batang Dua, terjadi perubahan cuaca secara tiba-tiba. Tinggi gelombang mencapai 3,5 meter. Sehingga terjadi insiden tersebut.

“Saat itu tidak mungkin putar balik ke dermaga, karena sudah jauh. Sudah dekat Bitung,” katanya.

Beruntung, nakhoda dan anak buah kapal masih bisa mengantisipasi hingga kapal berhasil sandar dengan selamat. Dalam insiden itu, terdapat dua mobil truk yang terguling. Dua unitnya lagi lecet-lecet. “Tapi mereka tetap dapat asuransi,” jelas Ali.

Saat ini, kata Ali, pelayaran jarak dekat lintas Bastiong Ternate ke Sidangoli Halmahera Barat, Rum Tidore dan Sofifi Halmahera, masih dalam kondisi normal. Kecuali rute Ternate Bitung Sulawesi Utara, dan Pulau Batang Dua Ternate.

“Belum ada peringatan dini, tapi kami tetap mengacu pada BMKG jika seandainya ada peringatan dini terkait gelombang,” jelasnya.

ASDP, kata Ali, sebagai operator tetap membangun kerjasama dengan berbagai pihak. Salah satunya Syahbandar.

“Kalau tidak ada izin berlayar dari mereka, tentu kami tidak akan berangkatkan kapalnya,” katanya.

Dikatakan Ali, pada Senin kemarin, kapal tujuan Batang Dua direncanakan berlayar. Namun karena kondisi cuaca, pelayaran dibatalkan.

Pihaknya akan menunggu hingga cuaca kembali normal. Sedangkan terkait data BMKG yang kerap menyimpang, dikatakan Ali, pihaknya tetap mengacu.(*)