Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

55 Relawan Demokrasi Dikukuhkan KPUD Kota Sorong

0 49

Sorong, TN – Sebanyak 55 orang relawan demokrasi dikukuhkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kota Sorong.  Rabu (30/01) di aula KPUD kota Sorong.

“ Hari ini adalah proses pengukuhan sekaligus pemberian  Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk relawan demokrasi kota Sorong.  Setelah Bimtek, kita akan lepas mereka untuk melaksanakan sosialisasi di basisnya masing-masing,”ujar Robert.

Ada 10 basis masyarakat yang menjadi sasaran sosialisasi. Ke 10 basis tersebut diantaranya, Basis pemilih pemula, basis pemilih muda, Basis keagamaan, basis pemilih perempuan, basis penyandang Disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis pemilih marginal , basis komunitas, basis keluarga dan basis warga internet.

Tugas relawan demokrasi nantinya akan melakukan sosialisasi-sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih di TPS. Tidak hanya bertugas meningkatkan partisipasi pemilih untuk datang mencoblos pada saat Pemilu, relawan demokrasi juga mensosialisasikan tahapan kegiatan dan proses Pemilu yang sementara berjalan.

“Sehingga masyarakat bukan hanya sekedar memilih, tapi memahami makna pesta demokrasi itu sendiri. Kami berharap para relawan yang sudah dikukukan ini bisa meningkatkan partisipasi pemilih dengan target kita secara nasional yaitu 70 persen,”harapnya.

Roberth juga menekankan, kepada relawan demokrasi untuk senantiasa menjaga sikap dan kode etik demokrasi, dengan tetap bersikap netral dan independen saat melakukan sosialisasi.

Anda mungkin juga berminat