Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

18 Peserta Lolos Tes Tertulis Metode CAT, Hanya 1 Komisioner KPU Periode Kini Yang Lolos

0 313
Fakfak, TN – 18 dari 37 peserta tes tertulis dengan metode CAT, dalam seleksi calon anggota KPU Kabupaten Fakfak periode 2018-2023, dinyatakan lulus. Dari 18 peserta yang lulus, hanya 1 komisioner KPU Kabupaten Fakfak periode saat ini yang lolos. Selebihnya, 19 orang terpinggirkan.
Ketua tim seleksi 2, Rudi A Maturbongs menjelaskan, metode CAT merupakan tes tertulis yang terkoneksi jaringan internet secara online, sehingga tidak ada intervensi siapapun.
“Jadi setiap peserta dapat langsung mengetahui hasil ujiannya saat itu juga. Dan dari 37 peserta, akan diambil 18 orang peserta, yang diambil berdasarkan rangking nilai tertinggi. Dan hasinya sudah bisa langsung diketahui, tanpa waktu yang lama,” jelas Rudi.
Terkait keterwakilan 30% wanita dalam seleksi calon anggota KPU ini, Rudi menjelaskan bahwa, prosentase tersebut belum didapat. Menurut Rudi, mungkin wanita lebih menyukai pekerjaan lain, daripada menjadi komisioner KPU yang memang selalu bekerja dibawah tekanan.
Senada dengan Rudi, koordinator tim IT KPU RI yang mensetting perlengkapan CAT menegaskan bahwa, tim IT KPU RI juga tidak mengetahui materi ujiannya, sebab materi didapat secara online.
“Kami juga tidak tahu materi ujiannya. Yang kami paham, ujiannya sebanyak 100 nomor dengan waktu mengerjakannya 90 menit. Waktu ujian dihitung ketika peserta memasukkan user nama dan password ujian” jelas
Bagi calon anggota KPU yang lulus tes tertulis ini, selanjutnya akan mengikuti psikotes yang masih dilaksanakan di Fakfak. Dalam psikotes ini, dari 18 peserta nantinya akan “diperas” menjadi 15 calon anggota KPU. Selanjutnya, 15 calon anggota KPU ini akan mengikuti tes kesehatan dan wawancara di Sorong, dana akan menyisakan 6 calon anggota KPU saja.
“6 orang inilah yang akan diusulkan oleh timsel 2 ke KPU RI. 3 orang sebagai komisioner dan 3 orang cadangan,” ujar Rudi.
Berdasarkan rangking nilai, kedelapan belas calon anggota KPU yang lulus antara lain; Nur Hidayah, Hasanuddin Rettob, Dihuru Dekry Radjaloa, Arifin Takamokan, Abdon Retraubun, Nurrian Fakhginto, Adijaya Soputan Warwey, Eva Novita, Muhammad Nasrun Ashari, Yanuaris Kery Meak, Fahry Tukuwain, Aslan Bukhari Mahubessy, Herman Bugis, Mokhsen Romeu, Siofanius Irfam Kareth, La Dikan, Wa Nilam Sari dan Hermin Udayana. (wah

)