Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

15 Pohon Hias Ditebang, Kadis PPLH Minta Polisi Usut  Keberadaan Pelaku

0 127

Sorong, TN- Tanaman hias dan beberapa bunga lainnya yang ditanam di area taman median jalan kawasan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan hotel Waigo di kawasan tembok Dofior, Kelurahan Klasur Distrik Sorong Barat Kota Sorong Papua Barat, rusak parah.

Padahal tanaman yang ditanam oleh Dinas Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup kota Sorong itu, sudah bertumbuh subur dan tingginya mencapai dua meter.

Diduga tanaman tersebut sengaja ditebang dan dirusak oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

“Kita harus lacak cari tau apa motifasinya, dan mengapa tanaman yang harus di tebang. Saya sudah turun langsung ke lokasinya ternyata ada 15 tanaman yangg ditebang,” ujar Kepala Dinas Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup kota Sorong, Julian Kelly Kambu, Sabtu (15/9).

Pohon hias yang ditebang orang yang tidak bertanggungjawab. Foto/ist.

Menurutnya, tanaman juga punya hak hidup dan hak untuk dilindungi. Kelly Kambu, mendesak pihak berwajib untuk mengusut pelaku perusakan tanaman hias tersebut.

“Kita harus cari tau orangnya minta untuk beli tanaman yang sama besar dan tinggi untuk ditanam kembali dan dijaga sampai tumbuh seperti yang ditebang. Polisi juga harus usut pelakunya,” imbuhnya.

Dikatakan, pihaknya sudah mendatangi Polsek Sorong Barat. Senin pekan depan, rencananya akan membuat Laporan Polisi (LP) dan berharap kasus ini dapat diusut dengan tuntas.

Perlakuan pelaku yang menebang pohon-pohon hias tersebut, dinilai tidak berprikemanusiaan. (*)