Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

13 Parpol Terima APK Dari KPU Papua

0 40

JAYAPURA, TN – 13 dari 16 Partai Politik peserta Pemilu 2019, Senin (21/1/2019)  menerima Alat Peraga Kampanye (APK) dari KPU Provinsi Papua, Senin (21/1/2019).  3 Parpol lainnya, belum menerima APK lantaran terkendala design APK yang belum tuntas.

” 13 Parpol sudah kami serahkan APKnya sementara Partai Hanura, Golkar dan PDIP saat ini sedang diproses menyusul disign APK yang sebelumnya diserahkan tidak memungkinkan alias pecah saat di cetak,” kata Jufri, Komisioner KPU Papua, kepada wartawan usai penyerahan APK.

Selain Parpol, KPU juga menyerahkan APK bagi calon Anggota DPD dan Tim Pemenangan Presiden dan Wakil Presiden. ” Kalau untuk APK Capres yang kita serahkan ke Capres nomor urut 2, karena tim capres nomor urut 1 tidak hadir,” kata Jufri lagi.

Ia mengatakan, APK  yang diserahkan berupa 10 baliho dan 16 spanduk sebagaimana aturannya. Parpol, Caleg maupun tim pemenangan bisa menambah jumlah APK diluar dari APK yang diserahkan KPU dengan ketentuan sebagaimana aturan dan undang-undang.

“Kalau ada penambahan baik dari caleg maupun capres itu maksimanya 10,” katanya

Menanyakan tentang lokasi pemasangan APK menurutnya, KPU telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah, bawaslu dan aparat keamanan terkait dengan keputusan zona titik pemasangan alat peraga kampanye.

“Jadi KPU mengeluarkan SK berdasarkan putusan bersama pemerintah, bawaslu dan kemananan untuk titik lokasinya,” katanya

Soal pelarangannya sudah diatur dalam PKPU Nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum dan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Bahwasanya tempat-tempat yang dilarang untuk pemasangan APK seperti di kawasan pemerintahan, pendidikan, keagamaan/rumah ibadah.

Tentunya untuk pemasangan APK sendiri khususnya untuk caleg disesuaikan dengan wilayah pemilihannya. “Itukan aturannya,” katanya. (*)